Sabtu, 21 Juni 2014

Uji Coba Menulis Blog di Windows Live Writer

Diposting oleh Vitus Polikarpus Surung Manullang
windows live writer
Hari ini Sabtu Tanggal 21 Juni 2014, saya mencoba menulis blog di Windows Live Writer. Sekedar ingin tahu, dan sekedar ujicoba, dimana lebih enak, menulis langsung di blog atau di Windows Live Writer ini.

Segala sesuatu ada ilmunya, jika belum dicoba, kita belum tahu kehebatan, fakta dan manfaatnya. Jika memang menulis di Windows Live Writer ini lebih menyenangkan, mengapa tidak dimanfaatkan ?
Dalam uji coba pertama wajar kita pasti banyak mengalami kendala, masalah, dan berbagai hal yang membingungkan, semua masih meraba-raba, dimana tools yang akan digunakan, bagaimana jika begini, dan begitu.
Yang menarik dalam penulisan artikel di Windows Live Writer ini adalah, bahwa setiap tulisan disimpan secara autosave, layaknya kita menulis di OneDrive. Jadi kita tidak perlu takut akan kehilangan data, jika sewaktu-waktu listrik putus, atau komputer kita tiba-tiba mati. Data sudah aman tersimpan.
Jika di atas artikel sudah ada dimasukkan gambar dari komputer, kini mari kita ujicoba memasukkan video dengan mengembednya dari you tube:
Aksara Batak Toba

Ya ternyata dengan embed HTMLnya ada kesulitan, karena servernya sulit ditemukan, namun ketika dimasukkan URLnya lebih cepat ditemukan. Uniknya tidak harus seperti di blog jika mau embed movie harus ubah dulu tampilan blog menjadi text dan videonya baru bisa diplay jika sudah dipublish. Dalam penulisan windows live writer ini video langsung bisa diembed dan langsung diplay tanpa terlebih dahulu di publish, sehingga bisa kita lihat hasilnya secara langsung ketika kita sedang menulis artikel.
Cukup menarik, selanjutnya mari kita ujicoba menambahkan photo album, kita lihat bagaimana tampilannya:
Oke tiga photo diupload sekaligus dan lagsung disusun sesuai ukurannya, disana langsung disediakan menu slidshow dan menu download all, namun sepertinya menu ini hanya berfungsi setelah blog dipublish.
Mari kita coba publish dulu blog ini.

1 komentar:

  1. Ketika melakukan publish dari Windows Live Writer ke blog, ada perintah memasukkan windows account, hal ini diminta karena ternyata photo album tersebut disimpan secara otomatis ke akun OneDrive yang kita miliki.
    Dan ketika kita klik slid show pada album yang sudah dipublish, memang album tersebut ditampilkan di Onedrive kita.

    BalasHapus